HISTORY

SEJARAH

 

Balap sepeda road race seperti yang dikenal luas di masyarakat disebut dengan tour. Dalam sejarahnya PB ISSI telah melaksanakan perlombaan dalam bentk tour sejak tahun 1958 yang dinamai Tour de Java. Kemudian dalam perjalanannya berubah nama menjadi Tour de ISSI dan Tour de Indonesia, disesuaikan dengan situasi dan sponsor pada saat itu.

 

Tour dalam lomba balap sepeda di Indonesia dan juga di seluruh dunia mengalami perkembangan yang semula berupa kegiatan olahraga saja, menjadi kegiatan promosi pariwisata suatu daerah. Hal ini menjadikan tour semakin mendapat perhatian dari pemerintah karena dengan menjalankan kegiatan tour ini, daerah yang menjadi tuan rumah mendapat manfaat yang luar biasa. Tidak hanya dari segi promosi pariwisata yang dapat mendongkrak peningkatan kunjungan wisata tetapi juga secara signifikan meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadikan Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia.

 

PB ISSI pada tahun 2018 ini bertekad untuk menghidupkan kembali Tour de Indonesia seiring dengan perkembangan tour-tour lain di Indonesia yang semakin marak. PB ISSI akan menjadikan Tour de Indonesia 2018 sebagai tour yang terbaik yang menjadi contoh bagi event-event serupa lainnya.

 

 

 

KENAPA TOUR DE INDONESIA?

 

Tour de Indonesia adalah satu-satunya event road race berkategori UCI 2.1 di Indonesia. Kepengurusan PB ISSI periode 2015-2019 berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dari atlet, pelatih, commissaire, event, venue dan organisasi. Dan, Tour de Indonesia akan menjadi standar kualitas penyelenggaraan untuk kegiatan road race di Indonesia.